HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CAREER

PPDB 2020/2021


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 34.238.190.122
Pengunjung : 566.575


Newsflash :
MEMPERTIMBANGKAN SITUASI PANDEMI COVID-19, PEMBERLAKUAN PSBB DKI JAKARTA, DAN DEMI KELANCARAN OPERASIONAL SEKOLAH MAKA YAYASAN TARAKANITA MEMUTUSKAN MELAKUKAN PENUNDAAN RELOKASI SD TARAKANITA 2 DAN SMP TARAKANITA 1 KE JL. PULO RAYA IV/17, DAN SMK TARAKANITA KE JL. WOLTER MONGINSIDI 118. RELOKASI AKAN DILAKUKAN 1 JANUARI 2021. UNTUK KBM SEMESTER I 2020-2021 AKAN TETAP DILAKSANAKAN DI LOKASI SEKOLAH SAAT INI.             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA No : 128/BP.keb/YT/IV/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ) PESERTA DIDIK, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 30 APRIL 2020. MASUK SEKOLAH KEMBALI TANGGAL 4 MEI 2020, DENGAN CATATAN SITUASI DAN KONDISI SUDAH MEMUNGKINKAN.             |             2. KARYAWAN KANTOR PUSAT, KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH TARAKANITA TANGERANG, SURABAYA, JAKARTA MELAKUKAN PEKERJAAN DARI RUMAH ( WORK FROM HOME ) SECARA PENUH TANGGAL 15 - 24 APRIL 2020, DAN MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING DIMULAI PADA TANGGAL 27 APRIL 2020. KARYAWAN KANWIL DAN SEKOLAH DI BENGKULU, LAHAT, JAWA TENGAH, DAN YOGYAKARTA MULAI TANGGAL 15 APRIL 2020 MASUK KERJA DENGAN SISTEM SHIFTING ( BERGANTIAN ). TERIMA KASIH             |             BERDASARKAN KEPUTUSAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA NO : 123/BP.skpjj/YT/III/2020 :             |             1. PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PPJ) / DARING UNTUK PESERTA DIDIK DAN WORK FROM HOME PENUH (UNTUK WILAYAH JAKARTA, TANGERANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN JAWA TENGAH) MAUPUN SHIFTING ( UNTUK WILAYAH BENGKULU DAN LAHAT) UNTUK KARYAWAN, DIPERPANJANG SAMPAI DENGAN 3 APRIL 2020             |             2. TANGGAL 6 S.D 14 APRIL 2020 LIBUR PASKAH UNTUK SELURUH SISWA DAN KARYAWAN             |             3. TANGGAL 15 APRIL 2020 DIRENCANAKAN MASUK KERJA DAN SEKOLAH SEPERTI BIASA, DENGAN MELIHAT SITUASI DAN KONDISI, YANG AKAN DIPUTUSKAN PENGURUS YAYASAN TARAKANITA KEMUDIAN. TERIMA KASIH             |             * UNTUK SEMENTARA BERLAKU DI TARAKANITA WILAYAH JAKARTA & TANGERANG, UNTUK WILAYAH LAIN BERLAKU SHIFTING / KARYAWAN BERGANTIAN WORK FROM HOME.             |             SEHUBUNGAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 MAKA OPERASIONAL DI KANTOR PUSAT - KANTOR WILAYAH - SEKOLAH TARAKANITA, DITIADAKAN MULAI TANGGAL 20 MARET S/D 29 MARET 2020. SELANJUTNYA PROSES BELAJAR MENGAJAR DILAKUKAN JARAK JAUH DAN LAYANAN OPERASIONAL DENGAN WORK FROM HOME. TERIMA KASIH

SEJARAH RINGKAS BERDIRINYA YAYASAN TARAKANITA


1. Yayasan Carolus Borromeus

Berdirinya Yayasan Tarakanita tak lepas dari perjalanan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Setelah Indonesia lepas dari kekuasaan Belanda ternyata membawa persoalan tentang hak milik kongresi. Menghadapi persoalan ini, Sr. Laurentia CB beserta stafnya pada tahun 1952 telah memikirkan untuk mendirikan yayasan yang berbadan hukun Indonesia. Setelah mengadakan persiapan selama dua tahun barulah pada hari Kamis tanggal 19 Agustus 1954 terjadi peresmian berdirinya Yayasan Carolus Borromeus yang berkedudukan di Yogyakarta dan mengelola berbagai karya suster CB baik di bidang kesehatan maupaun bidang pendidikan. Adapun pengurus yayasan tersebut adalah :

        Ketua            : Mgr. A. Soegiyopranoto,SJ
        Penulis          : Sr. Franka,CB
        Bendahara     : Sr. Bernardia,CB
        Pembantu      : Sr. Mariska dan peter N. Drijarkoro,SJ

2. Yayasan Tarakanita

Dalam perkembangan selanjutnya, ternyata pengelolaan sekolah perlu diintensifkan, maka Missie Overste bersama dewannya dan juga bersama Sr. Catharinia CB yang waktu itu diangkat menjadi " Supervisor " untuk sekolah - sekolah milik CB memutuskan untuk mendirikan suatu yayasan pendidikan. Keputusan ini ditetapkan pada tanggal 29 April 1952, untuk selanjunya ditetapkan sebagai hari jadi Yayasan Tarakanita. Pendiri Yayasan Tarakanita ini adalah : Sr. Ursulia,CB ; Sr. Catharinia,CB; Sr. Bernardia,CB; Sr. Marie Yohanna,CB; Ny. Hardjasoebrata; Tuan Marcus Manguntiyoso; Tuan E. Seodarmo; dan Romo Van Thiel, SJ.Yayasan Tarakanita ini mengelola sekolah - sekolah milik CB di Yogyakarta dan Jakarta, namun dalam perkembangan selanjutnya juga mengelola sekolah - sekolah milik CB di Magelang, Solo, dan Tangerang.

3. Yayasan Pendidikan Carolus Borromeus

Di atas sudah disinggung Yayasan Carolus Borromeus mengelola karya para suster CB baik dibidang pendidikan maupun bidang kesehatan. Hal ini dipandang kurang efektif dan efisien, maka atas prakarsa Sr. Edith Krisanti,CB dan Sr. Grace Samuel,CB didirikanlah Yayasan Pendidikan Carolus Borromeus (YPCB) pada tanggal 26 Desember 1984 dengan susunan pengurus sebagai berikut :

        Ketua             : Sr. Yohanita Hawiluyati,CB
        Sekretaris       : Dra. Sr. Arini Sri Sukarti,CB
        Bendahara      : Sr. Marie Redempta,CB
        Anggota         : Sr. Edith Krisanti,CB
                                 Sr. Carolie Hartati,CB

Yayasan ini berkedudukan di Jakarata dan menyelenggarakan pendidikan sekolah - sekolah milik CB di wilayah Bengkulu, Lahat, dan Surabaya.Pada tanggal 15 Juli 2002, Yayasan Pendidikan Carolus Borromeus ini bergabung ( Merger ) pada Yayasan Tarakanita denga susunan pembuna, dan pengawas sebagai berikut :

    PEMBINA  :

        Ketua            : Sr. Evrista Styawati, CB
        Anggota        : Sr. Sesilia Widiastuti, CB dan Tuan Dr. Justinus
                                  Sudarminto
    PENGURUS :

        Ketua             : Sr. Krisanti Sukarni,CB
        Sekretaris      : Sr. Marie Yose Tri Sundari,SH,CB
        Bendahara     : Tuan Ir. Norma Rovani
        Anggota        : Sr. Christera Sri Rudati,CB; Tuan Ir. Robby Hermanto
                                Winardi

    PENGAWAS :

        Ketua            : Sr. Marian Clara Mentasir,CB
        Anggota        : Tuan Drs.Merhasin Taslim

yayasan Tarakanita untuk selanjutnya menyelenggarakan pendidikan sekolah, sekolah - sekolah milik Kongresi CB di wilayah Bengkulu, Lahat, Surabaya, Jawa Tengah, Yogyakarta, Tangerang, Jakarta.Para suster yang pernah dan sedang menerima perutusan Yayasan Taraknita Kantor Wilayah Lahat adalah sebagai berikut :

1. Sr. Yulia Sarwosri,CB ( Priode : 26 Agustus 1981 - 9 September 1983 ).

2. Sr. Xaverius,CB ( Priode : 10 September 1983 - 31 Juli 1989 ).

3. Sr. Surani,CB ( Priode : 1 Agustus 1989 - 31 Desember 1993 ).

4. Sr. Ernesta Sumartini,CB ( Priode : 1 Januari 1994 - 31 Agustus 2001 ).

5. Sr. Ignatine Udjulawa,CB ( Priode : 1 September 2001 - 31 Agustus 2004 ).

6. Sr. Felisita,CB ( Priode : 1 September 2004 - 30 Juni 2010 ).

7. Sr. Paulina Endri,CB ( Priode : 1 Juli 2010 - 30 Juni 2012 ).  

8. Sr. Thereseta Emi,CB ( Priode : 1 Juli 2012 - 30 Juni 2015 ).

9. Sr. Rosiana Susilo Astuti,CB (Priode : 1  Juli 2015 - Sekarang ).