HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CARRIER
EMAIL

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :









Komentar Terbaru :


IP Address : 54.167.47.248
Pengunjung : 444.878


Newsflash :
PROFICIAT UTK SD TAR.5 JKT YG MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI MUSEUM REKOR DUNIA INDONESIA (MURI) PADA SABTU (12/1/2019) ATAS PRESTASI MEMBUAT KERTAS TERBANYAK DARI BAHAN KERTAS DAUR ULANG OLEH PELAJAR             |             SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG

Berita Kegiatan :



Tumbuhkan Karakter Melalui Tarik Tambang

Senin; 19 March 2018 [Tulus, Toni, TARAKANITA LAHAT] - Berita Umum

Dua regu saling adu kuat dengan seutas tambang. Kedua regu berisi jumlah orang yang sama. Hanya saja mereka dipisahkan sebuah garis pembatas. Laga pun dimulai saat keduanya saling berusaha menarik lawan menyeberangi garis pembatas. Pak Samuel menginjak tambang tersebut agar dalam posisi titik nol. Satu...dua...tiga......mulai. saling adu otot kedua belah lawan. Cengkraman semakin erat dengan sorak-sorai dukungan penonton.

Demikian suasana perlombaan tarik tambang yang dilaksanakan di lapangan SD Santo Yosef dalam rangka peringatan pelindung sekolah Santo Yosef. Siswa kelas enam putra dan putri ambil bagian dalam lomba ini sebagai wakil kelas, tidak harus yang gendut-gendut tetapi yang berotot. Tarik tambang ini mengandung unsur pendidikan karakter seperti sportifitas, semangat kerjasama, daya juang, dan bersosialisasi dalam kelompok. Tentunya, yang paling penting adalah melatih kekuatan otot. Karena semangat yang luar biasa, sampai jatuh bangun pantang menyerah. Lomba tetap ada yang menang dan kalah, yang utama adalah kegembiraan bersama memperingati pelindung sekolah.

Entah dari mana awalnya, olahraga ini bisa menjadi salah satu cabang idola. Namun satu yang pasti, setiap pelosok Nusantara pasti mengenal olahraga tradisional ini. Sebagai sebuah olahraga tradisi yang cukup intim dengan masyarakat tanah air, tarik tambang justru diketahui pertama kali ditemukan di India. Menurut cerita rakyat, tarik tambang digunakan para rakyat India kuno untuk menumbangkan raja mereka yang lalim. Raja yang sombong ini dengan angkuh menantang rakyatnya. Tanpa disadari Sang Raja justru terjebak dengan ide rakyat yang memintanya bermain tarik tambang. Melawan ribuan manusia seorang diri membuat Raja tersebut kewalahan dan mengakui keunggulan rakyatnya. Untuk memperingati hal ini maka rakyat India pun menjadikan tarik tambang sebagai monumen perlawanan dalam tradisi mereka.







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :