HOME
PROFILE
EVENT
ARTICLE
PARTNERS
GALLERY
CARRIER
EMAIL

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.80.83.123
Pengunjung : 289.863






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Berita Kegiatan :



Dampingi Anak dalam Menggunakan Gadget

Selasa; 13 December 2016 [Tulus, Toni, TARAKANITA LAHAT] - Berita Umum

Lahat (13/12)--Mengawali rangkaian kegiatan Dies Natalis 50 Tahun SMA Santo Yosef diadakan seminar pendidikan “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini” Jumat (9/12) di aula SMP Santo Yosef. Seminar yang diselenggarakan Panitia Dies Natalis didukung oleh Yayasan Tarakanita Kantor Wilayah Lahat , Susu Zee, Susu Entrasol,  Edukasi Star Indonesia (Pesona Edu), dan FKKSKM SMA Santo Yosef ini diikuti 130 peserta dari berbagai daerah di kota Lahat dan 34 karyawan Santo Yosef. Hadir sebagai pembicara Rm.Agustinus Riyanto SCJ, M.A. Dosen Universitas Katolik Musi Charitas (UKMC) Palembang.

Kepala Kantor Yayasan Tarakanita Wilayah Lahat, Sr.Rosiana Susilo Astuti CB dalam sambutannya menyampaikan bahwa anak yang lahir sekarang ini berada di era teknologi digital dan kita tidak bisa menyingkir dari perkembangan itu. Teknologi disadari bahwa ada hal positif dan negatifnya. “Yang utama adalah menjaga jangan sampai hal negatif berpengaruh terhadap perkembangan anak ,” ungkapnya. Lebihlanjut beliau menyampaikan bahwa dengan seminar “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini” diharapkan orangtua bisa menyikapi secara arif dan memonitor anak agar supaya tidak mengandalkan gadget. “Orangtua wajib mendampingi anak dalam menggunakan gadget”, katanya.  Di akhir sambutan,  Suster Rosi CB,  mengucapkan terimakasih kepada semua peserta, kepada pembicara, dan sponsorship yang mendukung kegiatan seminar.

Mengawali seminar Rm. Agustinus Riyanto SCJ, menyampaikan terminologi berkaitan dengan perkembangan, pertumbuhan, kematangan, masa peka, dan tugas perkembangan. Perkembangan kepribadian dipengaruhi oleh bawaan dan lingkungan yang keduanya saling berinteraksi dan saling mempengaruhi. “Kebutuhan perkembangan anak usia dini yang penting diberi makan, minum yang sehat dan higienis bukan diberi pulsa,” katanya. Hal ini beralasan karena dengan kualitas fisik yang prima membuat otak menjadi kuat dan kecepatan motorik sangat baik.

Sebagai inti dari seminar, Dosen Universitas Katolik Musi Charitas ini lebih banyak mengulas dampak negatif dari gadget bagi perkembangan anak. Dampak meliputi dampak pada kesehatan, kepribadian, sosial, religius, pendidikan, dan parenting. Yang sangat mencolok adalah dampak pada bidang pendidikan, sosial, dan parenting. Anak malas untuk belajar yang diingat hanya games, kepedulian dengan sesama menjadi tergerus bahkan hilang, dan kedekatan dengan orangtua luntur. Maka diharapkan untuk membelikan peralatan teknologi ini disesuaikan dengan umur anak.” Anak usia 5 tahun tidak perlu gadget yang bagus bisa browsing, transfer,dll, karena memang anak belum perlu itu, nanti kerepotan sendiri orangtua mengawasinya,” pungkasnya.

Peserta yang hadir sangat antusias mengikuti seminar. Penyampaian yang menarik membuat peserta penasaran sehingga banyak pertanyaan yang diajukan. Yang utama bukan seminarnya, tetapi bagaimana orangtua memiliki kesadaran, berkomitmen untuk mengawasi anak dalam menggunakan gadget agar dampak yang ditimbulkan bisa teratasi minimal terkurangi.***







Komentar - komentar untuk berita ini :
Belum ada komentar pada berita ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Berita Lainnya :